Cara Mencegah Biar Anak Tidak Kecanduan Game

Cara Mencegah Agar Anak Tidak Kecanduan Game - Teknologi ketika ini berkembang semakin pesatnya dan telah merambah ke aneka macam sektor. Salah satu teknologi yang perkembangannya telah dirasakan banyak orang yaitu Internet. Koneksi internet yang semakin berpengaruh dan cepat kian memanjakan penggunanya, baik melalui Komputer maupun Smartphone/Gadget. Salah satu teknologi atau aplikasi yang memanfaatkan koneksi internet yang berpengaruh dan cepat yaitu game online. Game online inilah yang paling disenangi banyak orang, terutama anak-anak. Jika bawah umur mulai menyenangi permainan video game, maka pengawasan dari orang bau tanah menjadi hal yang sangat penting supaya anak tidak mengalami kecanduan video game.

Teknologi game online yang semakin mempunyai banyak fitur dan majemuk permainan membuat bawah umur semakin menyukainya. Sebagai orang tua, Anda dihentikan membiarkan anak Anda berlama-lama dengan gadget dan game online. Namun untuk pengetahuan anak terhadap perkembangan teknologi, Anda juga dihentikan menjauhkan anak Anda dari teknologi itu sendiri. Anda harus sanggup mengaturnya agar anak Anda tidak kecanduan video game tapi juga tidak buta terhadap teknologi. Berikut ini beberapa cara yang sanggup Anda lakukan :

Menjelaskan Pengaruh Buruk Video Game
Apabila anak Anda bahagia dengan permainan video game, baik melalui komputer atau gadget, maka Anda jangan melarangnya. Untuk menghindari anak dari kecanduan game, maka sebaiknya orang bau tanah memperlihatkan klarifikasi kepada anak perihal imbas buruknya terlalu sering bermain game. Jelaskan pada anak bahwa bermain game terlalu sering sanggup membuat ia malas berguru sehingga akan menjadi anak yang bodoh, dll. Berikan klarifikasi yang baik tanpa memarahinya.

Mengatur Lamanya Bermain Video Game
Anak-anak yang bahagia bermain video game kadang menghabiskan waktu terlalu usang ketika bermain game, sehingga jikalau hal itu dibiarkan maka anak sanggup menjadi lupa diri dan karenanya kecanduan game. Untuk mencegah supaya anak Anda tidak kecanduan dengan video game, sebaiknya Anda membatasi waktu atau lamanya anak Anda bermain. Dalam hal ini orang bau tanah harus tegas dan disiplin dalam menjalankan aturannya. Anda sanggup memperlihatkan waktu 1-2 jam untuk anak bermain game diluar jam berguru dan aktifitas penting lainnya.

Memberikan Pendidikan Ekstra Kulikuler
Pendidikan diluar jam pelajaran sekolah menjadi sangat penting bagi anak-anak. Selain akan menambah ilmu pengetahuan anak, hal itu juga akan mengurangi kebiasaan anak bermain video game. Dengan pendidikan ekstra kulikuler, waktu bermain dan bersantai anak menjadi lebih sedikit sehingga hal ini akan menghindari anak dari kecanduannya terhadap game. Namun demikian, jangan memberikannya kegiatan yang padat lantaran anak juga butuh bermain dan bersantai. 

Mengajak Anak Rekreasi Sekeluarga
Rekreasi atau bertamasya sekeluarga yaitu cara terbaik untuk membuat keutuhan dan kerukunan keluarga. Rekreasi sanggup mengalihkan perhatian anak dari kesenangannya bermain game dan membuat pikiran anak menjadi segar kembali. Anda sanggup mengunjungi tempat-tempat wisata ibarat ke kawasan pegunungan, pantai atau tempat hiburan lainnya. Jadwalkan waktu untuk berekreasi bersama sekeluarga dan tentunya diadaptasi dengan kondisi keuangan yang ada.

Demikian Cara Mencegah Agar Anak Tidak Kecanduan Game yang harus dilakukan oleh para orang tua. Jadilah orang bau tanah yang bijak terhadap bawah umur Anda. Semoga bermanfaat.