Perhatikan Kode SAE Saat Memilih Oli Kendaraan

 


Memilih oli yang tepat sangatlah penting untuk kendaraan Anda. Tidak hanya jenis dan brandnya saja yang harus diperhatikan. Misalnya seperti memilih oli mesin ataupun Oli Diesel Dari Idemitsu yang memang terkenal dengan kualitasnya. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan tingkat kekentalan oli yang dilihat dari kode SAE pada kemasan.


Berikut ini adalah beberapa kode SAE yang harus Anda pahami:


1.Oli SAE 5W-40

Oli ini didedikasikan khusus untuk jenis kendaraan diesel dengan mengusung teknologi commonrail. Dibuat dari bahan oli mineral yang merupakan hasil pemilahan terbaik. Tidak mengherankan jika oli jenis ini cenderung lebih berkualitas dibandingkan dengan oli bahan dasar berupa mineral. Dengan memanfaatkan oli ini, nantinya akan membantu dalam melindungi setiap bagian mesin diesel dari suhu yang tinggi, oksidasi sekaligus juga karat.


2.Oli SAE 5W-30

Selain itu ada juga oli SAE 5W-30 yang memiliki kekentalan sangat bagus serta kerap kali digunakan pada berbagai mesin bensin sekaligus juga mesin mobil disel. Dibuat dengan mengusung bahan utama berupa synthetic-blend, jenis oli ini nantinya akan memberikan suatu perlindungan terbaik pada mesin diesel ketika berhadapan dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrem hingga jalanan yang macet.


3.Oli SAE 15W-40

Ketika sebuah mobil diesel telah menempuh perjalanan sejauh 70.000km atau telah berusia 5 tahun, maka rekomendasi oli terbaik adalah oli diesel SAE 15W-40 yang dibuat dari bahan berupa synthetic-blend. Kandungan tersebut membuat oli ini bisa memberi perlindungan menyeluruh pada mesin kendaraan dari karat sekaligus juga keausan. Oli ini dianggap memiliki tingkat penguapan yang rendah sehingga memperpanjang usia pakai.


Setiap oli diesel memiliki keunggulan masing-masing sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan kesesuaiannya saat memilih oli yang sesuai dengan mesin kendaraan. Dengan begitu, performa kendaraan dapat meningkat dan sekaligus juga usia dari mesin kendaraan.