6 Tips Menjaga Pola Makan untuk Penderita Diabetes

 


Diabetes atau dikenal dengan ‘penyakit gula’ atau ‘kencing manis’ terbagi menjadi 2 jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Meski  ada perbedaan di antara keduanya, tapi dari segi penyebab dan pengobatannya, penting bagi penderita untuk menjalankan pola hidup sehat dan menjaga pola makan agar penyakitnya tidak semakin parah. Selain itu, Anda juga disarankan untuk melakukan check-up berkala ke rumah sakit dan alangkah lebih baik memiliki Asuransi Jiwa Syariah Allianz agar tidak mengeluarkan biaya ketika berobat maupun check-up ke dokter.

So, khusus untuk Anda penderita diabetes, berikut cara menjaga pola makan yang bisa Anda terapkan:

1.      Pilih karbohidrat yang lebih sehat

Semua karbohidrat memengaruhi kadar glukosa darah, jadi penting untuk mengetahui makanan mana saja yang mengandung karbohidrat sehat. Beberapa sumber karbohidrat sehat yang bisa Anda konsumsi adalah biji-bijian seperti beras merah dan gandum utuh, buah, sayuran, kacang-kacangan seperti buncis, serta produk olahan susu seperti yoghurt tanpa pemanis buatan dan susu murni. 

2.      Kurangi konsumsi garam

Mengonsumsi banyak garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika Anda menderita penyakit diabetes, maka akan sangat berisiko mengidap semua penyakit ini. Untuk itu, bagi Anda penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi gula maksimal 6 gram garam (satu sendok teh) saja dalam sehari.

3.      Kurangi konsumsi daging merah dan daging olahan

Penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsi banyak daging merah dan olahan, seperti daging ham, bacon, sosis, daging sapi, dan daging domba. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan makanan lain seperti ikan, telur, dan daging ayam.

4.      Pilih makanan dengan kandungan lemak yang lebih sehat

Kita semua membutuhkan lemak dalam makanan karena lemak memberi kita energi. Tetapi jenis lemak yang berbeda, tentu saja memengaruhi kesehatan kita dengan cara yang berbeda pula. Lemak sehat biasanya terdapat dalam makanan seperti kacang-kacangan tanpa garam, biji-bijian, alpukat, minyak ikan, minyak zaitun, dan minyak bunga matahari. Jangan mengonsumsi lemak jenuh karena dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah Anda dan juga bisa meningkatkan risiko masalah penyakit jantung.

5.      Kurangi konsumsi gula

Anda bisa mengganti minuman manis dengan jus buah dengan air, susu plain, atau teh dan kopi tanpa gula. Atau, Anda juga bisa mencoba gula nol kalori untuk membantu Anda mengurangi konsumsi gula. Dengan melakukan ini tentu saja dapat mengontrol kadar glukosa darah di dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan Anda.

6.      Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Buah utuh baik untuk semua orang bahkan untuk penderita diabetes sekalipun. Meski mengandung gula, tapi gula di dalam buah merupakan gula alami karena itulah Anda disarankan untuk mengonsumsinya. Selain buah, Anda juga disarankan mengonsumsi berbagai jenis sayuran seperti wortel, brokoli, kubis, bayam, tomat, mentimun, selada, dan jamur.

Demikian ulasan mengenai cara menjaga pola makan yang bisa diterapkan oleh penderita diabetes. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu, ya!